Kamis, Oktober 22, 2020
Beranda Game Cara Mengatasi Lag Mobile Legends Dijamin Berhasil

Cara Mengatasi Lag Mobile Legends Dijamin Berhasil

Disini saya akan membagikan tentang cara agar game Mobile Legends tidak Lag pada saat dimainkan. Karena sebagaimana kita ketahui bersama, Lag sedikit saja pada saat bermain ML akan sangat berpengaruh pada performa pertandingan.

Untuk menangani lag pada saat bermain Mobile Legend belum tentu sama pada setiap orang. Mungkin ada yang mengalami Lag karena jaringan ataupun karena perangkatnya. Jadi anda harus bisa menyimpulkan kenapa gamenya bisa Lag kemudian mengikuti tutorial yang ada dibawah ini.

Cara Mudah Mengatasi Lag Mobile Legends

Menyelesaikan lag pada suatu game online itu harus dilihat dari pokok permasalahannya. Disini saya akan membaginya menjadi dua, yaitu Internet dan Perangkat. Anda bisa mengikuti keduanya jika memang bermasalah semua.

Cara Mengatasi Lag Mobile Legends Karena Perangkat

Hal ini akan sering terjadi bagi smartphone yang spesifikasinya agak rendah. Meskipun sebenarnya game Mobile Legends tidak terlalu membutuhkan spek tinggi, namun ada beberapa pengaturan dan hal yang harus dilakukan agar bisa lancar, diantaranya:

1. Menonaktifkan Aplikasi Latar Belakang Sebelum Bermain

Jika Ram Smartphone Anda rendah, maka banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang akan sangat berpengaruh pada saat bermain game Mobile Legend. Itu karena aplikasi latar belakang tentu membutuhkan resource dari Ram untuk bisa berjalan.

Banyak aplikasi yang harus tetap berjalan agar bisa berfungsi dengan baik. Misalnya saja aplikasi sosial media atau chat yang harus selalu aktif di latar belakang agar pemberitahuan notifikasi ataupun chat bisa tetap diterima secara real time.

Untuk menghapus aplikasi latar belakang, bisa melalui pengaturan aplikasi, pengaturan memori atau baterai. Tapi cara ini harus dilakukan manual dengan menghapus satu persatu aplikasi dengan ram besar yang sedang berjalan.

membersihkan ram android

Jika anda menggunakan Samsung, bisa langsung menghapus semua aplikasi latar belakang yang sedang berjalan di: PengaturanPerawatan perangkatMemori.

Untuk pengguna smartphone lain mungkin bisa mempertimbangkan untuk menggunakan penghapus aplikasi latar belakang otomatis. Misalnya Advanced Task Manager atau yang lainnya. Tapi jika tidak banyak aplikasi Latar Belakang yang berjalan maka sebaiknya di non aktifkan satu persatu saja. Karena aplikasi semacam itu juga tentunya membutuhkan ram untuk berjalan di latar belakang.

2. Mengubah Mode Daya Baterai

Untuk bisa memaksimalkan penggunaan smartphone kamu maka harus mengubah mode daya ke performa tinggi. Biasanya pengaturan default baterai itu normal atau dioptimalkan.

Dalam mode daya normal, smartphone akan menyeimbangkan performa dan masa pake baterai. Sehingga mungkin saja performa sedikit diturunkan agar baterai bisa bertahan lebih lama.

mengubah pengaturan perfoma tinggi android

Berikut adalah cara untuk mengubah mode daya baterai ke performa tinggi:

Samsung: Pengaturan – Perawatan perangkat – Baterai – Mode daya – Performa tinggi

Asus: Pengaturan – Baterai – Penghemat baterai – Mode performa

Untuk yang lainnya bisa cari mode daya di pengaturan Baterai.

3. Gunakan Game Booster

Jika kamu menonaktifkan aplikasi latar belakang sebelum bermain maka mereka akan tetap berpotensi untuk berjalan kembali pada saat permainan berlangsung. Maka dari itu dibutuhkan aplikasi game booster atau semacamnya untuk menonaktifkan aplikasi atau mengoptimasi penggunaan ram.

Di beberapa smartphone, sudah ada aplikasi semacam ini. Misalnya saja di samsung ada game launcher. Kamu tinggal mengoptimalkan penggunaan aplikasi tersebut dengan melakukan beberapa pengaturan untuk memperbaiki lag game mobile legends.

Jika di smartphone kamu tidak ada aplikasi semacam ini atau kamu membutuhkan aplikasi yang lebih bagus. Maka bisa cari di Playstore: Aplikasi Game Booster.

4. Mengubah Pengaturan Grafik Game

Jika smartphone kamu spesifikasinya kurang tinggi, maka kamu perlu melakukan beberapa pengaturan, terutama di settingan grafik game.

Mengubah settingan grafic ke low bukan melulu karena spesifikasi smartphone kurang bagus, namun juga karena jaringan lagi lelet. Ketika jaringan kurang bagus, menurunkan grafiknya juga bisa berpengaruh. Karena download dan upload resourcenya juga bisa semakin berkurang.

Berikut adalah beberapa settingan di Mobile Legends yang perlu kamu rubah agar gamenya bisa lancar:

mengubah pengaturan grafik mobile legends
  • Outline: Nonaktif (Gunanya adalah menambahkan garis hitam di tepi karakter. Dengan menonaktifkannya kamu akan mengurangi resource yang dibutuhkan gamenya sehingga meningkatkan framerate).
  • Tinggi Kamera: Rendah (Memilih tinggi kamera yang rendah berarti tampilan gamenya akan sedikit lebih sempit. Namun hal itu akan membantu untuk meningkatkan framerate).
  • Mode HD: Nonaktif (Jika smartphone kamu spesifikasinya kurang bagus, maka menonaktifkan mode HD adalah suatu keharusan).
  • Bayangan: Nonaktif (Jika ada bayangan heronya, maka resource yang dibutuhkan akan semakin besar, jadi lebih baik di nonaktifkan saja).
  • Optimalkan FPS: Aktif (Dengan mengaktifkan pengaturan ini maka gamenya akan otomatis memperbaiki framerate sesuai spesifikasi hp kamu).
  • Kualitas Grafik: Smooth (Semakin rendah kualitas grafiknya maka akan semakin lancar gamenya, meskipun harus mengorbankan tampilannya).

5. Berhenti Bermain Pada Saat HP Mulai Panas

Pada saat suhu smartphone kamu sudah tinggi, maka sistem akan mendeteksinya dan langsung mengurangi performa untuk menormalkannya kembali. Hal itu akan berdampak lag pada saat kamu bermain game.

Solusinya adalah berhenti bermain untuk sementara waktu hingga suhunya normal kembali agar kamu bisa menghilangkan lag mobile legends pada saat bermain kembali.

Suhu panas dari smartphone juga bisa disebabkan karena menggunakan hpnya untuk main game sambil di charger. Padahal di cas saja sudah bisa membuat suhu hp menjadi panas, apalagi ditambah dengan pemakaian perfoma tinggi seperti main game.

Jika kamu mau tetap ingin menggunakan hp kamu untuk main game pada saat di cas, maka saya sarankan untuk menonaktifkan fitur fast charging. Karena fast charging akan memaksa hp kamu untuk menerima daya yang besar agar cepat penuh.

Namun kami sarankan untuk tetap mengistirahatkan smartphone pada saat di charger agar baterai bisa tahan lama.

6. Selalu Update Game

Setiap developer game akan selalu berusaha untuk memperbaiki gamenya dan memberikan update terbaru. Maka kamu harus selalu mengecek di Playstore atau Appstore jika ada update.

Update di dalam game sudah pasti akan otomatis berlangsung apabila kamu membuka gamenya. Namun update di Playstore atau Appstore harus dilakukan secara manual jika kamu mematikan setting auto update aplikasi.

Kamu masih bisa bermain jika tidak melakukan update di store namun tentu kamu tidak akan mendapatkan patch dari segi jaringan, keamanan dan lain-lain.

7. Beli HP Dengan Spesifikasi yang Mendukung

Apabila segala cara telah dilakukan untuk memperbaiki lag namun masalah masih terjadi, maka mungkin kamu harus ganti hp. Jika lagnya terjadi karena spek hpnya terlalu rendah, berarti masalah tidak bisa diperbaiki lagi.

Salah satu cara untuk bisa mengatasi Lag tersebut adalah dengan membeli HP dengan spek yang disarankan baik itu baru ataupun second:

  1. RAM 3 GB
  2. Memori Internal 16GB
  3. Prosesor Quad Core
  4. Jaringan 4G

Untuk spek dibawahnya sebenarnya masih bisa tapi mungkin hanya akan terjadi sedikit lag. Namun jika anda belum memiliki dananya, lebih baik menabung dulu saja. Banyak kok sekarang HP murah dengan spesifikasi yang bagus, apalagi jika kamu beli yang second, asalkan kamu teliti pada saat membeli.

Cara Mengatasi Lag Mobile Legends Karena Jaringan

Jika masalah kamu karena jaringan, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memperbaiki masalah lag pada game Mobile Legend:

1. Reset Jaringan Smartphone dan ganti APN Data Seluler

Ketika koneksi hp anda mulai tidak stabil, mungkin bisa coba untuk merestart jaringan, dengan cara mengaktifkan mode terbang kemudian menonaktifkannya kembali.

Atau jika ingin melakukan reset pada semua jaringan yang tersedia di HP Anda bisa dengan masuk ke menu pengaturan. Kemudian di bagian search, masukkan kata kunci “Reset Jaringan”.

reset jaringan android

Jika menggunakan data seluler maka bisa kamu mencoba untuk mengganti APN default kartu sim. Kamu bisa mencari APN tercepat di Google berdasarkan kartu sim yang dimiliki.

2. Mengaktifkan Speed Mode dan Peningkatan Jaringan

Apabila sudah mulai terasa Lag pada saat bermain Mobile Legends, maka kamu harus segera mengaktifkan pengaturan Speed Mode. Settingannya bisa kamu akses di menu pengaturan mobile legend, kemudian pilih pengaturan jaringan.

Saya sarankan untuk mengaktifkan mode speed ini jika kamu sudah merasa Lag pada saat bermain. Karena kadang mengaktifkannya ketika tidak ada masalah malah akan membuat game jadi Lag.

Jika kamu menggunakan jaringan wifi dan juga mobile maka kamu bisa mengaktifkan “Peningkatan Jaringan”. Kamu bisa mengaksesnya di menu setting pengaturan jaringan. Pengaturan ini berfungsi untuk mengaktifkan wifi dan data seluluer secara bersamaan sehingga gamenya akan menggabungkan jaringan agar lebih stabil.

peningkatan jaringan dan speed mode mobile legends

Jika koneksi wifi kamu masih stabil sebelum mengaktifkan peningkatan jaringan, maka disarankan tidak usah mengaktifkan fitur ini untuk lebih menghemat data seluler.

3. Pilih Kartu SIM atau Koneksi Wifi tercepat

Jaringan yang kamu gunakan tentu akan berpengaruh besar terhadap stabilnya koneksi di dalam game. Jika dari awal koneksi kamu sudah tidak stabil, maka mau diapakan juga tidak akan berpengaruh banyak. Maka dari itu saya sarankan untuk memilih koneksi tercepat, jika ada dana lebih belilah yang memang menawarkan jaringan premium.

Untuk kartu sim kamu bisa memilih sesuai dengan yang paling cepat di daerah kamu. Jangan terlalu mengajar murah saja, karena percuma dapat harga yang miring tapi jaringannya kurang stabil. Untuk bisa mengatasi lag di game mobile legends, kamu harus berkorban mengeluarkan uang lebih.

Bagi yang ingin menggunakan Wifi rumahan, maka saya sarankan untuk mencari provider dengan ping yang bagus. Menurut Steam, beberapa jaringan dengan wifi tercepat itu diantaranya: Oxygen, MyRepublic dan Biznet. Sedangkan Indihome berada pada urutan paling bawah untuk koneksi game.

Namun jika di Daerah kamu hanya ada Indihome saja maka saya sarankan jangan pilih paket termurah. Indohome yang 10Mbps juga sebenarnya sudah bagus, tapi jika hanya digunakan oleh 2 atau 3 orang saja. Jika sudah ada banyak pengguna wifi secara bersamaan, maka kemungkinan besar akan Lag. Kecuali kamu menggunakan Provider yang sudah terbukti bagus pingnya.

4. Menggunakan Aplikasi Internet Booster atau Pencari Lokasi Sinyal Terkuat

Ada banyak aplikasi diluar sana yang katanya bisa untuk mempercepat koneksi internet. Kamu hanya perlu menginstalnya dan aplikasi otomatis akan mengoptimalisasi IP, ukuran MTU dan memperbaiki ping.

Ada juga beberapa aplikasi untuk mencari lokasi sinyal paling kuat. Aplikasinya akan mencari tower BTS terdekat dari tempat kamu, sehingga kamu bisa ke lokasi paling dekat dengan towernya.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Internet Booster atau pencari lokasi sinyal bisa mengunjungi web carisinyal: 10 Aplikasi Penguat Sinyal Terbaik untuk HP Android.

5. Istirahat Main Sementara Waktu

Ketika jaringan dari provider yang digunakan lagi tidak bersahabat, maka mungkin kamu harusnya beristirahat hingga jaringannya normal kembali.

Jangan memaksakan untuk bermain apabila jaringan jelek atau ping di Mobile Legend orange atau merah.

Kadang juga ada masalah di server moonton yang menyebabkan semua pemain mengalami Lag. Jika kebetulan team kamu dan team lawan mengalami lag disaat bersamaan maka kamu harus berhenti dulu pada saat game tersebut selesai. Tunggu satu atau dua jam hingga servernya kembali normal.

Demikian beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi lag game Mobile Legends.

Advertisement

Stay Connected

16,985FansSuka
1,000PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

WhatsApp Marketing Vs Facebook Marketing

Beberapa tahun belakangan ini sosial media marketing merupakan salah satu alternatif pemasaran yang menjanjikan. Anda bisa menggunakan media sosial, seperti WhatsApp, Facebook,...

Cara Menghilangkan Pop Up Authentication Required WordPress

Pernahkah anda menemukan pop up Authentication Required pada saat mencoba login di WordPress? Hal tersebut muncul sebagai peringatan keamanan pada saat ada...

Review Oppo A91, Ponsel Mid Range yang Sanggup Menjalankan Game Berat

Dikelas mid-range, Oppo memiliki beberapa ponsel yang baru diluncurkan salah satunya Oppo A91. ponsel ini sendiri merupakan generasi penerus dari Oppo A9...

Aplikasi Alternatif Photoshop Online dan Offline Gratis

Tidak bisa dipungkiri, salah satu editor foto terbaik di komputer adalah Photoshop. Rata-rata semua graphic designer menggunakannya. Apalagi diluar sana ada begitu...

Related News

WhatsApp Marketing Vs Facebook Marketing

Beberapa tahun belakangan ini sosial media marketing merupakan salah satu alternatif pemasaran yang menjanjikan. Anda bisa menggunakan media sosial, seperti WhatsApp, Facebook,...

Cara Menghilangkan Pop Up Authentication Required WordPress

Pernahkah anda menemukan pop up Authentication Required pada saat mencoba login di WordPress? Hal tersebut muncul sebagai peringatan keamanan pada saat ada...

Review Oppo A91, Ponsel Mid Range yang Sanggup Menjalankan Game Berat

Dikelas mid-range, Oppo memiliki beberapa ponsel yang baru diluncurkan salah satunya Oppo A91. ponsel ini sendiri merupakan generasi penerus dari Oppo A9...

Aplikasi Alternatif Photoshop Online dan Offline Gratis

Tidak bisa dipungkiri, salah satu editor foto terbaik di komputer adalah Photoshop. Rata-rata semua graphic designer menggunakannya. Apalagi diluar sana ada begitu...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.