Senin, Oktober 26, 2020
Beranda Internet 8 Cara Menjadi Youtubers Berkualitas yang Mempunyai Subscriber Banyak

8 Cara Menjadi Youtubers Berkualitas yang Mempunyai Subscriber Banyak

Jika anda berencana untuk menjadi seorang Youtuber, pastikan dulu anda  memiliki niatan yang kuat tulus dari hati. Bukan karena lagi trend atau ikut-ikutan orang lain. Karena untuk menjadi seorang youtubers terutama youtubers profesional banyak hal yang harus dipersipkan secara matang tidak boleh setengah-setengah supaya karier youtuber anda bisa bertahan lama.

Banyak orang yang tidak mengetahui, bahwa untuk menjadi seorang youtuber itu tidak semudah yang kita kira. Mungkin orang lain kebanyakannya mengagap pekerjaan seorang youtubers hanya sebatas membuat video, merekam, mengedit, lalu menguploadnya, kemudian menerima bayaran. Namun tidak semudah itu kawan.

Youtuber adalah seseorang yang bekerja dibidang konten kreatif di Youtube. Awalnya pekerjaan youtuber ini kebanyakan hanya digunakan untuk sekedar hobi atau pekerjaan sampingan saja. Namun berbeda dengan sekarang ini youtuber menjadi salah satu pekerjaan yang sangat menjanjikan. Keuntungan yang dihasilkan pun sangat menggiurkan.

Cara Menjadi Youtubers Berkualitas

Berikut ini adalah langkah-langkah awal yang bisa kamu ikuti untuk menjadi youtuber yang berkualitas:

1. Tahap Pembuatan Chanel Youtube

Pertama yang harus dilakukan bagi pemula untuk menjadi seorang youtubers adalah membuat chanel youtube. Namun sebelum membuat chanel youtube pastikan dulu anda memiliki akun google. Setelah itu barulah anda bisa memulai membuat channel youtube. Untuk nama channel youtubenya  anda bisa menggunakan nama pribadi atau nama yang menurut anda menarik atau sesuai dengan tema konten yang akan anda unggah nantinya.

Nama ini sangatlah penting, karena nantinya jika subscriber kamu sudah mulai banyak maka orang-orang akan mengenal kamu sesuai dengan nama chanel youtube tersebut.

Ketika kamu mau terjun ke youtube maka pastikan kamu akan benar-benar fokus untuk mengerjakan video. Karena jika kamu setengah-setengah maka hasilnya pun akan kurang.

Jika kamu memiliki pekerjaan lain maka setelah pekerjaan itu selesai kamu harus merelakan semua waktu setelah itu untuk fokus di pembuatan video saja. Karena youtube itu sama seperti bisnis, kamu harus memporsir semua tenaga dan waktu untuk mengembangkannya. Setelah subscriber banyak maka kamu sudah bisa agak sedikit fokus ke hal lain.

2. Membuat Video Pembuka

Ada banyak chanel yang terus di ingat karena video pembukanya yang keren, entah itu dari segi musik ataupun gambar dan videonya sendiri. Ini juga akan menjadi ciri khas dari channel kamu yang membedakan dengan yang lain.

3. Menentukan tema Konten Youtube

Ada berbagai macam konten yang bisa dipilih untuk mengisi channel youtube anda. Mulai dari konten mengenai traveling, fashion, kecantikan, kesehatan, konten memasak, dan lain sebagainya.

Pemilihan tema juga sama pentingnya dengan yang lain agar kamu bisa mendapatkan pengunjung yang loyal. Misalnya saja jika kamu mau fokus membahas anime maka viewer kemungkinan besar akan mencari konten anime lain di akun kamu. Dan jika mereka menemukan yang mereka mau, maka bisa saja mereka akan melakukan subscribe dan terus mengikuti konten kamu.

Tema campur juga sebenarnya tidak masalah, asalkan masih dalam satu pembahasan besar. Misalnya saja kamu berniat membuat video tentang review gadget, maka kamu juga bisa membuat video tentang game. Karena keduanya masih dalam tema yang sama, yaitu Teknologi.

Jika temanya terlalu meluas dimana semua pembahasan ada, maka mungkin kamu tidak akan mendapatkan subscriber loyal, kecuali konten kamu memang benar-benar berkualitas.

Dengan menerapkan tema yang spesifik, kemungkinan agar viewer kembali lagi itu akan semakin besar. Apalagi jika pembahasannya sesuai dengan apa yang mereka mau.

4. Mempersiapkan peralatan untuk membuat konten

Peralatan penunjang untuk membuat konten adalah kamera, mau itu kamera Hp maupun DSLR, yang penting dapat menghasilkan gambar dan video yang berkualitas. Dan siapkan juga penunjang lainnya sesuai dengan tema yang akan diangkat dichanel youtube tersebut.

Jika kamu menggunakan HP, maka saya sarankan untuk membeli tripod untuk digunakan pada saat mengambil video yang tidak mengharuskan kamu banyak bergerak. Banyak kok tripod HP dengan harga murah di marketplace, mulai dari 10ribuan.

Jika kamu punya dana lebih maka disarankan membeli stabilizer yang digunakan untuk mengambil video bergerak, agar tidak banyak getaran di video kamu.

5. Belajar Mengedit Video

Kamu harus mulai belajar untuk mengedit video, entah itu sekedar untuk memotong adegan yang tidak penting ataupun menambahkan efek cinematic di beberapa scene.

Kamu tidak perlu menggunakan aplikasi sekelas adobe premiere pro atau sony vegas jika kamu tidak memiliki dana. Banyak kok aplikasi gratisan diluar sana dengan fitur yang tidak kalah kerennya.

Jika kamu ingin melakukan editing di Smartphone pun sekarang juga sama mudahnya. Kamu bisa mencari aplikasi edit video gratis terbaik di Play Store atau App Store.

6. Melakukan Persiapan Sebelum Membuat Video

Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan dalam pembuatan video, berikut akan saya rincikan:

  1. Isi Konten

Pertama kamu harus memikirkan video apa yang akan dibuat dan bagaimana tiap adegan akan berjalan. Dengan memiliki konsep yang bagus, maka video kamu akan tertata dengan rapi sehingga penonton akan lebih nyaman.

  1. Judul Konten dan Deskripsi

Judul konten dan deskripsi sangatlah penting, karena akan berperan agar penonton mudah untuk menemukan video kamu. Dengan memberikan judul dan deskripsi yang sesuai juga akan meningkatkan kesempatan video kamu muncul di mesin pencari.

Sebelum mengisi judul dan deskripsi, kamu terlebih dahulu harus menentukan kata kunci untuk video. Kata kunci ini merupakan perkiraan kata yang akan banyak orang cari sesuai isi video kamu.

Misalnya saja kamu membuat video tentang cara merawat tanaman. Maka kamu bisa menentukan kata kunci utamanya adalah “Merawat Tanaman”. Dari situ kamu bisa membuat judul dan deskripsi dengan kata kunci tersebut.

Kamu harus membuat judul yang menarik dari kata tersebut, misalnya saja: 10 Cara Merawat Tanaman Efektif Supaya Tidak Cepat Layu. Yang jelas kata kunci harus tetap ada dan orang akan tertarik pada saat melihat judulnya.

Pada deskripsi, kata kunci tersebut juga harus ada. Kemudian jelaskan secara singkat garis besarnya atau hal yang berkaitan dengan hal tersebut.

  1. Narasi

Jika kamu harus berbicara di video yang akan dibuat, maka saya sarankan untuk membuat terlebih dahulu narasinya agar kamu tidak kaku pada saat menerangkan sesuatu. Kamu harus mencatat dan menghapal atau bisa juga melihat narasinya secara langsung tapi jangan sampai terlihat di kamera agar lebih natural.

7. Tambahkan Thumbnail Video Menarik

Menambahkan thumbnail juga akan membuat viewer penasaran dan mengklik video kamu. Jadi pastikan untuk selalu membuat gambar yang menarik untuk dijadikan thumbnail. Pada tahap ini kamu juga harus belajar sedikit demi sedikit untuk mengedit gambar. Entah itu untuk hanya sekedar menambahkan text ataupun membuat grafik yang keren.

8. Belajar Internet Marketing

Untuk pemula pastinya tidak akan langsung  mendapat banyak subsribers. Oleh sebab itu supaya channel youtube anda banyak di tonton dan di Subscribe oleh banyak orang, maka anda harus mempromosikannya melalui media sosial, seperti whatsapp, Intagram dan Facebook.

Kamu juga harus belajar SEO (Search Engine Optimization) yang merupakan cara agar konten kamu mudah ditemukan di pencarian youtube ataupun pencarian google. SEO ini melingkupi pembuatan judul dan deskripsi yang saya jelaskan diatas dan juga beberapa cara lain agar konten kita lebih cepat masuk di halaman pertama pencarian.

Itulah 8 Cara Menjadi Youtubers Berkualitas yang Mempunyai Subscriber Banyak, semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.

Advertisement

Stay Connected

16,985FansSuka
1,000PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

WhatsApp Marketing Vs Facebook Marketing

Beberapa tahun belakangan ini sosial media marketing merupakan salah satu alternatif pemasaran yang menjanjikan. Anda bisa menggunakan media sosial, seperti WhatsApp, Facebook,...

Cara Menghilangkan Pop Up Authentication Required WordPress

Pernahkah anda menemukan pop up Authentication Required pada saat mencoba login di WordPress? Hal tersebut muncul sebagai peringatan keamanan pada saat ada...

Review Oppo A91, Ponsel Mid Range yang Sanggup Menjalankan Game Berat

Dikelas mid-range, Oppo memiliki beberapa ponsel yang baru diluncurkan salah satunya Oppo A91. ponsel ini sendiri merupakan generasi penerus dari Oppo A9...

Aplikasi Alternatif Photoshop Online dan Offline Gratis

Tidak bisa dipungkiri, salah satu editor foto terbaik di komputer adalah Photoshop. Rata-rata semua graphic designer menggunakannya. Apalagi diluar sana ada begitu...

Related News

WhatsApp Marketing Vs Facebook Marketing

Beberapa tahun belakangan ini sosial media marketing merupakan salah satu alternatif pemasaran yang menjanjikan. Anda bisa menggunakan media sosial, seperti WhatsApp, Facebook,...

Cara Menghilangkan Pop Up Authentication Required WordPress

Pernahkah anda menemukan pop up Authentication Required pada saat mencoba login di WordPress? Hal tersebut muncul sebagai peringatan keamanan pada saat ada...

Review Oppo A91, Ponsel Mid Range yang Sanggup Menjalankan Game Berat

Dikelas mid-range, Oppo memiliki beberapa ponsel yang baru diluncurkan salah satunya Oppo A91. ponsel ini sendiri merupakan generasi penerus dari Oppo A9...

Aplikasi Alternatif Photoshop Online dan Offline Gratis

Tidak bisa dipungkiri, salah satu editor foto terbaik di komputer adalah Photoshop. Rata-rata semua graphic designer menggunakannya. Apalagi diluar sana ada begitu...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.