Berita Teknologi Terdepan

Review Google Pixel 4A, Versi Murah dari Pixel 4

Google Pixel 4 merupakan Ponsel keluaran Google dikelas premium. Namun sudah banyak simpang siur mengenai versi 4 yang lebih ramah dikantong. Maka Agustus kemarin Google meluncurkan Google Pixel 4A.

Sebenarnya jika dilihat dari spesifikasi, tidak ada yang begitu spesial dari Google Pixel 4A ini. Namun, tentu saja hal tersebut bisa dimengerti karena harga yang juga dipangkas jauh dari seri Pixel 4. Untuk pre-order atau pemesanan sudah dilakukan sejak 20 Agustus.

Tampilan bodi dan Layar

Tampilan Google Pixel 4A

Ponsel keluaran terbaru dari Google ini memiliki dimensi bodi 144mm x 69.4mm x 8.2mm dengan bobot 143gr. Terbilang sangat ringan untuk ukuran ponsel pintar jaman sekarang. Layarnya juga sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass generasi ketiga. Namun untuk bodi bagian belakangnya masih mengandalkan material plastik, begitupun dengan keseluruhan frame-nya. Untuk varian warna, sayangnya seri Pixel 4A ini hanya tersedia dalam satu pilihan warna yaitu hitam.

Google Pixel 4A ini menggunakan layar tipe OLED capacitive touchscreen, 16M colors. Ukuran layarnya 5.81 inci dengan 83.3% screen to body ratio. Resolusi layarnya 1080 x 2340 pixels dengan rasio 19:5:9 dan kepadatan sebesar 443 ppi. Fitur lainnya yang ada pada layar ialah Always On Display serta sudah berkualitas HDR. Jika dilihat, ukuran ponsel ini memang cukup compact dan masih nyaman untuk digunakan satu tangan. Namun untuk penyuka gaming, mungkin ukuran layar dibawah 6 inci bisa dianggap kurang.

Dapur pacu

Prosesor Qualcom Snapdragon 730

Untuk dapur pacunya, Google Pixel 4A ini ditenagai chipset Snapdragon 730 fabrikasi 8nm. Inilah perbedaan yang cukup mencolok antara Pixel 4 dan pixel 4A. Untuk Pixel 4 sudah ditenagai oleh Snapdragon 855. Pixel 4A sudah didukung CPU Octa-Core dan GPU Adreno 618. untuk performanya bisa dikatakan cukup baik. Digunakan gaming masih lancar dan visual grafisnya tetap nyaman dimata. Skor antutunya sendiri ada dikisaran 260 ribuan dan sudah bisa diandalkan untuk menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar. Sistem operasinya menggunakan Android 10 yang rencananya akan diupgrade ke Android 11 nantinya.

Baca Juga  Review Oppo Reno 4, Harga Medium dengan Fitur Premium

Google Pixel 4A memiliki RAM berkapasitas 6GB dengan memori internal UFS 2.1 berkapasitas 128GB. Mirip seperti produk-produk keluaran Apple, Google Pixel 4A ini juga tidak disediakan slot tambahan untuk memori eksternal. Sehingga hanya bisa mengandalkan memori internal bawaannya saja. Namun dengan kapasitas 128Gb rasanya sudah dianggap cukup untuk menampung berbagai data penting didalam ponsel.

Kamera

Kamera Google Pixel 4A

Berbeda dengan Google Pixel 4 yang memiliki tiga kamera, seri Pixel 4A ini hanya dibekali masing-masing satu kamera dibagian depan dan belakangnya. Ini pula yang membuat harganya lebih murah dibanding seri 4. Kamera utama yang disematkan dibagian belakang ponsel beresolusi 12.2 MP f/1.7, 27 mm wide. Fitur yang tersedia termasuk LED flash, Auto HDR, dan mode panorama. Kamera utamanya ini juga sudah bisa mengambil video 4K pada 30fps dan video 1080p pada 30/60/120fps. Sudah disematkan pula fitur gyro-EIS.

Sedangkan untuk kamera selfie dibagian depannya beresolusi 8MP f/2.0, 24mm wide. Sayangnya kamera depannya belum bisa mengambil video 4K. Namun masih bisa mengambil video 1080p pada 30fps. Kualitas gambar dan video yang dihasilkan Google Pixel 4A ini baik dari kamera depan maupun belakang sudah cukup baik untuk hp dikelasnya. Warna gambar yang ditangkap terlihat pop-out dan video yang dihasilkan cukup mulus. Hanya saja bagi penyuka kamera banyak pada ponsel mungkin Google Pixel 4A akan dirasa kurang ideal.

Baterai dan Konektivitas

Google Pixel 4A dibekali baterai Li-Ion non-removable berkapasitas 3.140 mAh. Ini jauh lebih tinggi dibanding seri 4 yang hanya berkapasitas 2.800 mAh saja. Tidak ada yang spesial memang dengan kapasitas baterainya mengingat sudah banyak ponsel pintar kelas menengah yang sudah menggunakan baterai berkapasitas 4.000 mAh keatas. Ponsel ini juga sudah mendukung fitur fast charging pada 18W. Disematkan pula USB Power Delivery 2.0. Pixel 4A ini memiliki skor daya tahan baterai sampai penggunaan 76 jam.

Baca Juga  Review Oppo Find X2, Generasi Penerus Find X

Untuk konektivitasnya, Pixel 4A didukung dengan WLAN Wi-Fi 802.11, Bluetooth 5.0, GPS, NFC, Radio, dan USB 3.1 Type-C. Tidak ada perbedaan untuk fitur konektivitas antara Pixel 4 dan Pixel 4A. kemampuan menangkap jaringannya juga cukup bisa diandalkan.

Fitur-fitur tambahan

Beberapa fitur yang disematkan pada Google Pixel 4A ini diantaranya Loudspeaker 3.5mm jack, sensor sidik jari, accelerometer, proximity, gyro, barometer, dan kompas. Namun fitur Motion Sense yang ada pada Pixel 4 dihilangkan pada Pixel 4A. Padahal fitur ini sangat menarik dan ikonik karena dengan fitur ini, pengguna bisa mengoperasikan ponsel tanpa menyentuh layar namun dengan menggunakan gerakan seperti melambaikan tangan. Namun tentu saja hal ini dapat dipahami karena harga yang juga dipangkas cukup besar.

Kelebihan

Beberapa kelebihan yang dimiliki Google pixel 4A diantaranya:

  • Harga yang jauh lebih murah dibanding pendahulunya Google Pixel 4. Meskipun hal ini memang berimbas pada dipangkasnya beberapa fitur.
  • Layar yang lebih besar dibanding Pixel 4 yang hanya memiliki dimensi 5.7 inci. Sedangkan Pixel 4A sudah memiliki layar 5.81 inci.
  • Ukuran baterai juga lebih besar sehingga lebih tahan lama pemakaiannya.

Harga

Harga yang dibanderol untuk Google Pixel 4A yaitu sekitar 349 dolar Amerika atau 5 jutaan jika dirupiahkan. Harganya memang sangat jauh dibanding Pixel 4 yang hampir menyentuh 800 dolar Amerika ketika diluncurkan. Google Pixel 4A ini juga diluncurkan tanpa versi ‘XL’.

Demikian Review Google Pixel 4A, yang merupakan Versi Murah dari Pixel 4. Kalau kamu memiliki dana 5 jutaan, saya sangat merekomendasikan ponsel ini. Apalagi update untuk android biasanya di dahulukan untuk google pixel, sehingga kamu akan lebih dulu bisa menikmati jika ada versi android terbaru.

Baca Juga  Cara Memilih Toko Online Terpercaya Agar Terhindar dari Modus Penipuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.