Berita Teknologi Terdepan

Review Huawei Mate Xs, Smartphone Dengan Sistem Lipat Lebih Baik

Teknologi ponsel memang semakin maju dari waktu ke waktu. Mulai dari ponsel yang seperti radio hingga ponsel full toouchscreen yang saat ini banyak kita pakai sehari-hari. Meski begitu, sepertinya siklus jaman memang selalu berputar khususnya dalam urusan trend.

Ponsel lipat saat ini nampaknya jadi kelebihan tersendiri bagi ponsel pintar jaman sekarang. Seperti Samsung Z Flip, Fold, dan juga Huawei Mate Xs. Pesona ponsel lipat memang cukup memikat mereka penyuka gaya retro. Ada kesan klasik ketika memegang ponsel lipat seperti Huawei Mate Xs yang akan kita bahas lebih lanjut pada ulasan kali ini.

Review Huawei Mate Xs

Desain Bodi dan Layar

Tampilan Huawei Mate Xs

Diirilis Maret 2020, Huawei mate Xs hadir dalam bentuk lipat yang cantik menggunakan panel Foldable OLED berukuran 8 inci. Layarnya ini memiliki resolusi 2200 x 2400 piksel. Kali ini, Huawei menerapkan sistem lipat yang lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Sehingga, kedua layar yang dilipat memiliki fungsi yang sama-sama optimal dan nyaman ketika digunakan. Ponsel ini juga bisa digunakan dalam kondisi tidak dilipat. Tampilan bodi yang tipis yaitu hanya 5,4mm membuat ponsel ini super compact. Pasalnya, masih sangat jarang ponsel jaman sekarang yang memiliki ketebalan dibawah 6mm. Sehingga Huawei Mate Xs ini bisa jadi angin segar.

Untuk menggunakan mode lipat pada ponsel Huawei Mate Xs ini, pengguna cukup menekuk bagian kiri layar. Sistem lipat ini membuat bagian belakang ponsel juga memiliki layar tersendiri. Banyak yang memuji sistem lipat yang ditanamkan Huawei pada ponselnya ini. Berbagai review positif juga Huawei dapatkan berkat keapikan mereka dalam mengelola sistem lipatnya ini. Banyak yang memberikan respon positif dan menyatakan bahwa sistem dan desain ponsel sangat inovatif untuk ponse jaman sekarang masih mengadopsi gaya ponsel lipat jaman dulu.

Baca Juga  Review Samsung Galaxy Note 20, HP Compact Dengan Stylus Pen

Layarnya yang sudah menggunakan panel OLED beresolusi 2200 x 2400 piksel. Kerapatannya juga sangat baik yaitu pada 414 ppi. Sehingga tampilan layar terlihat jernih, tajam, dan mulus. Sedangkan saat dilipat, hadir pula layar kover dengan panel AMOLED berukuran 6,6 inci dengan resolusi 1148 x 2480 piksel. Jumlah piksel yang tidak biasa tidak menjadi kekhawatiran karena resolusinya yang tinggi. Bagian belakang ponsel setelah dilipat akan berubah menjadi sebuah layar berdimensi 6,38 inci dengan resolusi 2.480 x 892 piksel. Bagian belakangnya ini bisa digunakan untuk mengambil selfie.

Dapur Pacu

Untuk urusan dapur pacu, ponsel lipat ini juga terbilang gesit karena ditenagai chipset HiSilicon Kirin 990 dengan fabrikasi 7nm dan sudah mendukung pada jaringan 5G. Namun perlu diingat bahwa ponsel ini tetap tidak akan bisa mendukung jaringan 5G jika dipakai di Indonesia karena layanannya pun belum tersedia. Regulasi 5G di Indonesia belum mendukung penggunaan ponsel berjaringan 5G.

Chipset yang dibekal Huawei Mate xs ini disandingkan dengan CPU Octa-core yang terbagi kedalam tiga cluster untuk performa yang kencang, lincah, dan gesit. Sedangkan untuk GPU, Huawei Mate Xs menggunakan Mali-G76 MP16. setelah dilakukan test benchmark, skor antutu yang diperoleh Huawei Mate Xs ini cukup tinggi yaitu 470 ribuan. Pada pengujian dengan platform lainnya skor yang dihasilkannya pun cukup impresif. Sehingga tidak heran jika ponsel ini memang ada dikelas flagship.

Performa yang kencang ini disokong dengan kapasitas RAM sebesar 8GB dan memori internal 512G. Kapasitas yang sangat besar memang, sehingga sebenarnya sudah tidak diperlukan lagi memori tambahan. Meski begitu, tersedia slot NM SD card untuk memori eksternal yang bisa ditambah hingga 256GB. Ponsel ini dapat digunakan untuk menjalankan game-game berat dengan lancar tanpa ada distraksi.

Baca Juga  Review Poco F2 Pro, Si Flagship Killer dengan Harga Murah

Kamera

Kamera Huawei Mate Xs

Selain performa yang kencang, ponsel ini juga memiliki fitur kamera yang memuaskan. Konfigurasi empat kamera atau Quad camera menjadi konsep yang diusung Huawei pada seri ponsel lipat ini. Keempat kamera tersebut memiliki resolusi masing-masing 40MP untuk kamera utama, 8MP untuk kamera telefoto, 16MP untuk kamera ultra wide, dan disematkan pula kamera TOF 3D. total empat kamera dan tidak ada yang disebut dengan kamera selfie. Untuk bisa melakukan selfie, pengguna bisa menggunakan kamera utamanya. Hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan mode layar belakang. Posisi kamera tersebut ada dibagian samping kanan ponsel. Saat ada dalam mode tablet, maka kamera utama akan ada diposisi samping kanan bagian belakang.

Jika dilihat dari resolusi, kamera yang dibekal Huawei Mate Xs ini cukup tinggi. Namun ada hal lain yang juga tidak kalah menarik yaitu dimana saat melakukan pengambilan gambar/video, pengguna dan yang dipotret dapat melihat dulu dibagian layar saat mode lipat diaktifkan. Hal menarik lainnya ialah kamera yang sudah tersertifikasi LEICA yang ebrarti kamera ini memiliki kualitas unggulan.

Baterai

Baterai dan Charging Huawei Mate Xs

Huawei Mate xs ini memiliki baterai yang berkapasitas 4.500 mAh. Tidak terlalu besar namun sudah dirasa cukup untuk mengimbangi keseluruhan kinerja ponsel. Ditambah dengan fitur SuperCharge 55W yang membuat proses pengisian daya baterai lebih cepat. Charger ini sudah termasuk dalam kotak pembelian dan tidak dijual terpisah. Dalam waktu 30 menit, ponsel terisi sampai 80%. dan untuk pengisian hingga penuh hanya butuh waktu 55 menit saja.

Harga

Karena ini merupakan ponsel flagship, maka harga yang dibanderol cukup tinggi yaitu sekitar hampir 40 jutaan. Untuk ponsel flagship, harga tersebut dianggap wajar. Namun bagi pengguna gadget yang lebih mengedepankan fungsi, mungkin akan lebih memilih ponsel lain yang lebih terjangkau dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda.

Baca Juga  16+ Situs Penyedia Musik NoCopyright Gratis dan Free Royalty Music

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.