Berita Teknologi Terdepan

Review Samsung Galaxy A51 Haze Crush Silver

Sebelumnya, tepatnya pada bulan Februari 2020 kemarin Samsung meluncurkan Samsung Galaxy A51 yang memiliki varian RAM 6GB dan memori internal 128GB. Berselang beberapa bulan kemudian, Samsung meluncurkan seri yang sama dengan varian warna baru yang banyak menyita perhatian yaitu Haze Crush Silver. Meski begitu, bukan hanya dari segi warnanya saja yang mengalami pembaruan namun juga beberapa fitur lainnya. Ada beberapa peningkatan yang disematkan pada versi terbarunya ini dibanding pendahulunya dan layak untuk menjadi pembahasan kali ini.

Desain Bodi dan Layar

Tampilan Samsung Galaxy A51 Haze Crush Silver Terbaru

Dari sektor bodi, Samsung Galaxy A51 terbaru ini memang masih menggunakan material plastik dibagian belakangnya. Meski begitu, balutan warna terbaru Haze Crush Silver-nya ini membuat tampilannya terlihat lebih cantik. Menariknya, seri warna terbaru ini membuat ponsel memunculkan beragam efek kilauan berbeda saat terkena pantulan cahaya. Terlihat ada pola garis diamond dengan warna gradasi perak saat ponsel diposisikan pada kilauan cahaya.

Bahan plastiknya ini juga membuat ponsel tidak terasa licin ketika digenggam. Noda debu dan sidik jari tidak begitu terlihat. Namun pengguna juga tidak perlu khawatir karena softcase sudah masuk dalam kotak pembelian untuk memastikan ponsel terlindungi dengan lebih maksimal.

Untuk sektor layarnya, ponsel ini menggunakan desain infinity-O dimana kamera selfie-nya menggunakan desain punch hole. Layarnya ini memiliki ukuran 6,5 inci dan termasuk ponsel bongsor dengan dimensi yang dibawanya ini. Bezel-nya juga terbilang kecil sehingga layar terlihat cukup luas dan nyaman untuk digunakan. Layarnya ini memiliki resolusi Full HD+ beresolusi 2400 x 1080 piksel. Layar panelnya juga sudah menggunakan Super AMOLED sehingga tampilan visualnya terlihat tajam dan bening. Bagian layar ponsel ini juga sudah terlindungi dengan Corning Gorilla Glass 3.

Baca Juga  Review Oppo Find X2 Pro, Ponsel Premium dari Oppo

Dapur Pacu

Exynos 9611

Untuk sektor dapur pacu, Samsung Galaxy A51 Haze Crush Silver ini menggunakan sistem operasi berbasis Android 10 dengan interface One UI 2.1. Ponsel ini juga ditenagai chipset Exynos 9611 dengan CPU Octa-core. Jika dilihat dari spesifikasi dapur pacunya, maka ponsel ini terbilang tangguh. Berbagai aplikasi bisa dijalankan dengan lancar baik itu game-game yang cukup berat, hingga aplikasi multimedia harian. Bahkan game berat seperti PUBG mobile pun bisa dijalankan dengan lanacr dengan ponsel ini meskipun settingan yang digunakan mentok pada HDR dengan frame rate Ultra.

Setelah dilakukan uji benchmark, skor antutu yang diperoleh ponsel ini lumayan tinggi yaitu ada di kisaran 185 ribuan. Dari berbagai uji lainnya, skor yang dihasilkan ponsel ini tidak mengecewakan, ini membuktikan bahwa Samsung Galaxy A51 Haze crush Silver ini tidak hanya memiliki desain yang cantik tapi juga performa yang bisa diandalkan.

Selain itu, penyimpanan pada Samsung Galaxy A51 seri Haze Crush SIlver ini mengalami peningkatan dimana RAM yang sebelumnya hanya berkapasitas 6GB kini memiliki kapasitas 8GB. Untuk memori internal bawaannya masih sama dengan versi sebelumnya yaitu berkapasitas 128GB. Namun besar penyimpanan seperti ini dirasa sudah sangat cukup mengingat dapur pacunya yang kencang sehingga pemakaian memori juga bisa tetap efisien. Jika dirasa masih kurang, Samsung juga tetap menyematkan slot untuk menambah memori eksternal hingga 512GB.

Kamera

Kamera Samsung Galaxy A51 Haze Crush Silver

Untuk bagian kamera, ponsel ini menempatkan konsep Quad camera dimana ada empat kamera sensor. Masing-masing memiliki resolusi 48MP untuk kamera utama, 12MP untuk kamera ultra wide, 5MP untuk kamera sekunder, dan 5MP untuk kamera makro. Untuk kamera depan atau kamera selfie memiliki resolusi yang sangat tinggi yaitu 32MP. Sehingga bagi para penyuka selfie maka ponsel ini bisa jadi pilihan ideal.

Baca Juga  Review Huawei Nova 7, Ponsel 5G Yang Ramah Kantong

Kamera utama ponsel ini akan menghasilkan foto dengan resolusi 12MP secara otomatis. Kualitas gambar yang dihasilkan cukup memuaskan berkat hadirnya teknologi Tetra Cell yang disematkan Samsung. Selain itu, adanya fitur Artificial Intelligence membuat kualitas foto yang diambil terlihat lebih tajam dan mulus. Pengguna juga bisa mengaktifkan kamera utama beresolusi 48MP untuk menghasilkan foto yang memiliki range warna yang lebih dinamis dan kualitas foto yang lebih jernih. Dengan kamera 48MP ini, detail-detail dari gambar yang diambil terlihat sangat jelas. Bagusnya, kualitas foto tidak mudah turun sekalipun dilakukan zooming maupun cropping.

Baterai

Samsung Galaxy A51 haze Crush Silver ini memiliki baterai berkapasitas cukup besar yaitu 4.000 mAh. Ini sudah menjadi kapasitas standar untuk ponsel kelas menengah. Dengan kapasitas sebesar ini ponsel bisa diandalkan untuk aktivitas sehari-hari. Melalui pengujian PCMark, baterai ponsel ini mampu bertahan hingga 10 jam 48 menit dengan tingkat kecerahan yang diatur pada 50% dan kondisi baterai dalam 100%. jika dilihat dari hasil pengujian ini, maka baterai Samsung Galaxy A51 seri ini mengalami peningkatan efisiensi daya, dimana seri sebelumnya hanya mampu bertahan hingga 9 jam 50 menit saja. Untuk penggunaan santai sehari-hari, ponsel ini mampu bertahan hingga 13 jam 30 menit. Kemudian Screen-On-Time mencapai 9 jam 5 menit. Daya tahan baterai berkapasitas 4.000 mAh ini sudah cukup memuaskan.

Harga

Harga Samsung Galaxy A51 Haze Crush Silver saat ini ada dikisaran 4,999 juta. Harga yang cukup wajar untuk ponsel kelas menengah keatas. Harga tersebut juga cukup worth it jika melihat beberapa peningkatan dibandingkan seri sebelumnya. Selain itu, warna cantik dengan efek kilauan dan gradasi yang menawan juga menjadi nilai plus bagi ponsel pabrikan Samsung ini. Selain tentunya kualitas dapur pacu dan kamera yang handal.

Baca Juga  Cara Instal Aplikasi Yang Tidak Dikenal / Sumber yang Tidak Dikenal di Android

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.