Berita Teknologi Terdepan

Review Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver

Seri Haze Crush Silver sebelumnya diluncurkan pada seri Samsung Galaxy A51. Kini, seri A71 juga mengikuti hal yang sama dimana balutan warna silver yang cantik kini disematkan.

Seri Samsung Galaxy A71 sudah diluncurkan pada awal tahun 2020. Untuk seri Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver ini tidak mengalami begitu banyak perubahan dibandingkan seri sebelumnya. Bahkan jika dibandingkan, keduanya hampir tidak memiliki perbedaan yang mencolok selain pada warna bodi-nya yang baru. Beberapa aspek yang sedikit mengalami perubahan ada disektor fotografi dimana beberapa fitur telah ditambahkan.

Desain Bodi dan Layar

Tampilan dan Body Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver

Dari segi desain bodi, hal pertama yang paling mencolok dari seri terbaru ini tentunya warna yang menawan. Warna Haze crush Silver ini membuat tampilan bodi Samsung Galaxy A71 ini terlihat lebih elegan. Selain itu, seri terbarunya ini juga tidak licin ketika digenggam sehingga nyaman saat digunakan. Warna baru ini terlihat menimbukan efek gradasi yang menarik ketika diposisikan dibawah cahaya. Untuk dimensinya sendiri tidak ada perubahan. Beberapa fitur juga masih ada seperti USB Type-C, jack audio 3,5mm, tombol power dan volume, hingga slot untuk kartu SIM beserta kartu memori eksternal.

Untuk layarnya juga masih menggunakan desain Infinity-O berukuran 6,7 inci dan penggunaan panel Super AMOLED. Resolusinya 1080 x 2400 piksel dan sudah FUll HD+. Layar ini memiliki dimensi 163,6 mm x 76,0mm x 7,7mm dengan bobot 179 gram saja. Corning Gorilla Glass juga disematkan untuk memproteksi layar dari berbagai resiko cipratan air, debu, dan goresan. Fitur sidik jari ditanamkan pada bagian layar.

Dapur Pacu

Qualcom Snapdragon 750G

Untuk dapur pacu, Samsung Galaxy A71 seri Haze Crush Silver ini masih menggunakan chipset yang sama dengan seri sebelumnya yaitu Snapdragon 750G dengan CPU Octa-core. Chipset tangguh ini disandingkan dengan RAM berkapasitas 8GB dan memori internal 128GB. Dengan adanya titel ā€˜Gā€™ pada chipsetnya ini, sudah jelas jika ponsel ini memang ditujukan untuk mendukung aktifitas gaming yang lebih lancar.

Baca Juga  Review Huawei Mate Xs, Smartphone Dengan Sistem Lipat Lebih Baik

Skor antutu yang dihasilkan oleh chipset Samsung Galaxy A71 seri sebelumnya mencapai 252 ribuan. Namun untuk seri haze Crush Silver ini justru mengalami sedikit penurunan dimana skor hanya mencapai 232 ribuan. Meski begitu, skor tidak mengalami penurunan yang signifikan yang berarti kemungkinan hal tersebut terjadi karena versi antutu yang berbeda.

Secara performa setelah dilakukan uji coba, tidak ada perbedaan sama sekali dengan seri sebelumnya ketika digunakan untuk menjalankan game-game berat. Selain itu, ponsel ini juga dibekali dengan fitur game booster untuk mengoptimalkan pengalaman gaming pengguna. Notifikasi dan aplikasi ponsel ditutup sehingga ponsel hanya fokus pada game yang tengah dijalankan. Ponsel bekerja lebih efisien dan game berjalan dengan lebih lancar.

Kamera

Kamera Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver

Sektor fotografi menjadi yang paling menonjol pada seri Haze Crush Silver Samsung Galaxy A71 ini. Secara spesifikasi, kamera yang disematkan masih tetap sama yaitu kamera utama 64MP f/1.8, kamera ultra wide 12MP f/2.2, kamera makro f/2.4, dan kamera deoth sensor 5MP f/2.2. LED Flash juga masih ada dan secara keseluruhan tidak ada perbedaan yang signifikan.

Hanya saja, ada fitur baru yang disematkan bernama Single Take. Fitur ini bekerja dengan merekam pada durasi tertentu. Lalu, bagian-bagian dalam rekaman tersebut dibuat foto ataupun video pendek dengan komposisi ideal. Kemudian, beberapa filter juga ditambahkan untuk menambah efek fotografi yang lebih keren. Single Take ini akan sangat bermanfaat ketika mengalami kesulitan dalam menentukan angle serta komposisi foto yang menarik. Fitur ini juga akan sangat membantu untuk mengambil foto pada objek yang bergerak sehingga dihasilkan foto yang tetap fokus, cerah, dan mulus.

Kemudian, ada juga fitur Pro Mode yang ikut ditambahkan pada seri Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver ini. Versi yang lebih komplit disematkan untuk memuaskan pecinta fotografi. Pada mode pro ini, pengguna bisa menyesuaikan settingan ISO, aperture, focus, white balance, exposure, dan preset sesuai dengan keinginan. Satu hal yang mungkin masih kurang pada sektor kamera Samsung yaitu peningkatan mode malamnya karena hasil foto masih terlihat banyak background noise yang terdeteksi. Sehingga kualitas foto jadi kurang tajam dan mulus.

Baca Juga  Cara Instal Aplikasi Yang Tidak Dikenal / Sumber yang Tidak Dikenal di Android

Baterai

Untuk baterai, Smartphone Samsung Galaxy A71 Haze Crush SIlver ini masih sama dengan versi sebelumnya yaitu berkapasitas 4.500 mAh. Daya tahan baterai ini sudah sangat bisa diandalkan karena mampu bertahan hingga 12 jam 12 menit setelah dilakukan ujicoba menggunakan PCMark pada settingan tingkat kecerahan 50% dan kondisi baterai 100%. untuk penggunaan santai sehari-hari, baterai bisa bertahan hingga 19 jam 18 menit. Sedangkan uji Screen-on time-nya juga cukup memuaskan yaitu dapat bertahan hingga 10 jam 45 menit.

Selain itu, baterainya juga sudah didukung fitur pengisian cepat pada 25W. Sehingga pengisian daya bisa lebih cepat. Pengisian dari 0 hingga 100% hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam saja. Charger 25W juga sudah disertakan dalam box pembelian sehingga tidak perlu membeli lagi charger fast charging diluar.

Harga

Harga yang dibanderol untuk Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver saat ini sekitar 6,499 jutaan. Cukup mahal memang namun sesuai dengan kelasnya yang ada di upper mid-range. Harga tersebut dirasa worth it jika pecinta gadget menginginkan desain ponsel yang cantik dengan fitur kamera yang telah ditingkatkan dan sudah dilengkapi dengan fitur NFC.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.